JENIS KERBAU DI TORAJA

Jenis-jenis Kerbau yang ada di Toraja

Kerbau adalah salah satu peliharaan di Toraja yang nilai sosialnya sangat tinggi. Kerbau biasanya digunakan sebagai hewan korban di dalam upacara rambu solo. Daging kerbau yang dipotong kemudian dibagi-bagikan kepada tamu, masyarakat yang datang di upacara rambu solo. Kerbau yang dikurbankan adalah salah satu yang disiapkan oleh keluarga. 

Kerbau di daerah Toraja menyimbolkan kebijaksanaan. Kerbau juga diadu dalam upacara rambu solo.

Berikut ini beberapa jenis kerbau yang ada di Toraja :

1.Tedong Saleko
Tedong saleko memiliki ciri ciri khusus dari kerbau ini adalah kulit dengan warna dasar putih serta belang hitam,dengan tanduk kuning gading serta bola mata berwarna putih. Kerbau belang ini di Toraja harganya sangat mahal dibanding dengan kerbau jenis yang lain. Harganya bisa mencapai 1 Milyar. (WEW.... BIsa buat infestasi nih $_$) 
Tedong Saleko

2. Tedong Bonga atau Kerbau Belang 
Kerbau belang ini adalah hasil persilangan antara kerbau hitam dan kerbau putih sehingga kulitnya berwarna putih dan hitam. Khusus untuk tedong bonga ini memiliki ciri yaitu kepalanya berwarna putih.  Menurut orang-orang di Toraja bahwa Kerbau belang ini hanya dapat hidup di Toraja saja.  Harganya bisa mencapai ratusan juta
Tedong Bonga Atau Kerbau Belang

3. Tedong Lotong Boko'
Kerbau yang mempunyai ciri khusus yaitu warna kulit dibelakangnya hitam dan keseluruhan lainnya yaitu putih. Harga Ratusan juta *_* 

Tedong Lotong Boko

4. Tedong Pudu' atau Kerbau Hitam 
Kerbau yang keseluruhan warna tubuhnya warna. Kerbau ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Toraja. Kerbau ini umumnya digunakan sebagai kerbau aduan dan kerbau yang digunakan untuk kurban. Kerbau pudu yang menang dalam aduan harganya akan semakin mahal tetapi harganya tidak dapat menyaingi harga tedong bonga. Harganya dapat 20-100 juta 
Tedong PUDU'
Tedong Pudu'
4. Tedong Ballian
Tedong ballian adalah kerbau yang memiliki tanduk yang sangat panjang Kerbau ini sudah jarang ditemukan sehingga harganyapun juga sangat mahal. 
Tedong Ballian

5. Tedong Todi
Kerbau yang memiliki warna putih pada bagian muka kepalanya sedangkan bagian tubuh lainnya berwarna hitam
Tedong Todi

6. Tedong Sokko
Kerbau yang memiliki tanduk menghadap ke bawah Harganya tergantung warna kulitnya
Tedong Sokko


7. Tedong Tekken Langi
Salah satu jenis kerbau yang unik karena tanduk yang tidak sejajar,jenis kerbau ini dapat kita jumpai di setiap pesta adat lengkap,dengan ciri khusus tanduk sebelah kiri naik,sementara sebelah kanan ke bawah atau sebaliknya. kerbau ini merupakan kerbau yang langka dan harganya juga mahal diatas kisaran 100 juta rupiah.
Tedong Tekken Langi


7. Tedong Bulan atau Kerbau PutihDinamakan Tedong Bulan karena seluruh warna tubuhnya putih sehingga dianggap seperti bulan.  Tedong bulan umumnya tidak dapat digunakan sebagai kerbau yang dikurbankan. 
Tedong Bulan
 8. Tedong Sambao
Kerbau yang warna bulunya abu-abu atau kemerahan. Kerbau ini harganya murah jika di Toraja. Kerbau Sambao umumnya dibawa dari luar Toraja atau dibawa oleh keluarga yang membeli kerbau di luar daerah Toraja. 
Tedonng Sambao


Sumber :
http://portalsolata.blogspot.com/2014/08/jenis-jenis-kerbau-tedong-yang-ada-di.html
http://nino-ninerante.blogspot.com/2012/02/nilai-kerbau-toraja-berdasarkan-warna.html http://hiburan.dbagus.com/2015/04/jenis-kerbau-tedong-di-toraja.html

Komentar